Monday 30 November 2015

Jurnal Pembelajaran Berbasis Masalah

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAPA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALANGKA RAYA

Riska

ABSTRAK
Riska, 2014: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smp Negeri 12 Palangka Raya. Skripsi. Program Studii Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Siti Sunariyati, M.Si (2) Dr. Yula Miranda, M.Pd
            Data yang diperoleh di kelas VII SMP Negeri 12 Palangka Raya, diketahui bahwa siswa mempunyai mina dan motivasi yang kurang terhadap mata pelajaran biologi. Guru hanya menggunakan model pembelajaran yang menoton tanpa ada variasi model pembelajaran yang menarik. Model pembelajaran yang bias gurugunakan di sekolah yaitu model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif sehingga membuat siswa merasa bosan dan tertarik kepada pembelajaran. Model pembelajaran langsung dan kooperatif tidak mampu mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan keterampilan kritis siswa. Model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan siswa memecahkan masalah dan berpikir kritis yaitumodel pembelajaran berbasis masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilanberpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 12 Palangka Raya.
            Metode penelitian dilaksanakan menurut pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Penelitian menggunakan dua kelas VII-A dan VII-B yang dianggap homogeny. Kelas VII-A sebagai kelas control menggunakan  model pembelajaran langsung dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
            Hasil penelitian menunjukan  bahwa nilai rata-rata hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII-B setelah dilaksanakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu 81,11 dan 83,18. Hasil perhitungan uji thasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelaseksperimen 6,13 dan 5,99. Kriteria Hipotesis jika t hitung lebih besar dari harga t table maka Ha diterima. Jika t hitung lebih kecil dari t table, maka Ho diterima. Dengan dk =(n1+n2-2) dan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa menunjukan t hitung lebih besar daripada t table ebrati Ha diterima. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VIII SMP Negeri 12 Palangka Raya.


Kata Kunci: Pembejaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Ketrampilan Berpikir Kritis.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com