Monday 30 November 2015

Jurnal Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis siswa

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES SUBYEKTIF UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI EKOSISTEM SMPN-1 KOTA BESI
Andi Setiawan
Abstrak
Andi Setiawan, 2013: Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Subyektif Untuk meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Materi Ekosistem SMPN-1 Kota Besi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dr. Yula Miranda, M.Pd. (2) Titin Purnaningsih, S.Si, M.Si.

Berdasarkan hasil observasi, soal-soal tes yang dibuat untuk mengukur kemapuan siswa di SMPN-1 Kota Besi secara keseluruhan masih belum sesuai dengan aspek-aspek pembuatan standar tes subyektif. Aspek tersebut meliputi tingkat kognitif tes, konstruksi soal, bahasa dan materi sehingga tidak ada tuntutan bagi siswa untuk berpikir kritis khususnya pada materi ekosistem. Pengembangan instrumen ini  bertujuan untukj menghasilkan instrument penilaian tes subyektif yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa materi ekosistem di SMPN_1 Kota Besi.

Pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes, tes yang diberikan berupa tes subyektif yang telah dikembangkan. Pada kelas VII1, VII3, dan VII4. Data hasil penelitian pengembangan berupa uji kelayakan instrument penilaian tes subyektif yang dilakukan oleh dosen dan penilaian guru bidang studi biologi yang meliputi berbagai aspek yaitu materi, konstruksi dan bahasa. Uji kualitas terhadap produk  instrument tes subyektif di uji tentang tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedanya.

Hasil uji kelayakan instrument penilaian tes subyektif melalui penilaian beberapa aspek yaitu materi, konstruksi dan bahasa memberika penilaian yang menyatakan bahwa sebagian besar instrumen penilaian tes subyektif yang dikembangkan layak untuk digunakan. Berdasarkan data hasil analisis kualitas instrument yang mencakup analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan data pembeda dapat disimpulkan bahwa sebagian besar instrument penilaian tes subyektif yang dikembangkan telah memenuhi kualitas uji instrument baik secara validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan data pembedanya. Hasil analisis kualitas instrument menggambarkan sebesar 77,42% dari 31 butir soal sudah berstandar baik, sedangkan 22,58% instrument tersebut belum memenuhi standar soal yang baik.  Berdasarkan hasil analisis N-Gain terlihat ada kenaikan hasil belajar yang cukup tinggi setelah siswa menerima materi pembelajaran tentang ekosistem dibandingkan dengan sebelumnya. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan data analisis kualitas instrumen yang telah dilaksankan, dapat disimpulkan bahwa instrument penilain tes subyektif layak diterapkan di SNP Negeri 1 Kota Besi  untuk mengukur kemampuan bberpikir kritis siswa materi ekosistem.

Kata Kunci: Instrumen penialain, tes subyektif, berpikir kritis, ekosistem.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com