Tuesday 1 December 2015

Jurnal Skripsi Perbandingan Hasil Belajar Biologi

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DENGAN MEDIA ASLI MELALUI MODEL DI PADA MATERI JAMUR KELAS VII SMPN 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2013/2014

Devi Lestari

ABSTRAK

Devi Lestari, 2014: Perbandingan hasil  Belajar Biologi Siswa Menggunakan Media Powerpoint Dengan Media Asli Melalui Model DI Pada Materi Jamur Kelas VII SMPN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. Supramono, M.Pd (2) Drs. Agus Sadono, M.Pd.

            Hasil wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMPN3 Palangka Raya diperoleh Informasi, proses pembelajaran biologi khususnya materi jamur, ditemukan beberapa masalah, pada saat mengajar guru hanya member informasi tidak menggunakan media dengan baik, siswa masih kurang minat belajar sehingga tidak konsentrasi dalam proses pemebelajaran, siswa sulit memahami materi jamur, dan hasil belajar siswa masih ada yang belum memenuhi nilai ketuntasan. Tujuan penilaian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan media powerpoint dengan media asli melalui model DI pada materi jamur kelas VII SMPN 3 Palangka Raya ajaran 2013/2014.

            Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Rancangan penelitian adalah pretest-posttest-control group design. Penelitian menggunakan media powerpoint dengan media asli yang dilaksanakan dengan melibatkan 32 siswa kelas VII-1 (kelompok media powerpoint) dan 31 siswa kelas VII-2 (kelompok media asli) SMPN 3 Palanga Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest. Ter terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Data hasil belajar siswa di analisis menggunakan perhitunganstatistik uji-t.

            Hasil dari penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest siswa kelas VII-1 adalah 74,21 dan pada siswa kelas VII-2 adalah 63,22.berdasarkan hasil perhitungan analisis statistic uji-t dengan taraf signifikasi 5% di peroleh thitung (3,350) > ttabel (2,000). Hal inimenunjukan terdapat perbedaan signifikasi hasil belajar biologi siswa menggunakan media powerpoint dengan media asli melalui model DI pada materi jamur kelas VII SMPN 3 Palangka Raya. Dengan demikian penggunaan media powerpoint unggul dibandingkan media asli pada materi jamur.

Kata Kunci: Media Powerpoint, Media Asli, Materi Jamur, Hasil Belajar.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com