Wednesday 2 December 2015

Virus Meteri SMA

Tahu kah anda bahwa kata virus berasal dari bahasa latin virion yang berarti racun, yang pertama kali digunakan di Bahasa Inggris tahun 1392.Virus adalah organisme aseluller(tidak memeliki sel) Virus tidak dapat diklasifikasikan sebagai sel karena virus tidak memiliki nukleus dan sitoplasma
Virus biasanya memiliki ciri-ciri di antaranya adalah sebagai berikut:

a.Virus berukuran sangat kecil, berkisar 0,05N m0,2N m (1N m = 1/1000mm)
b.Tubuh virus terdiri atas selubung dan bahan inti. Bahan inti berupa RNA atau DNA
c.Virus tidak mempunyai membran dan organel-organel sel yang penting bagi kehidupan.
d.Virus hanya dapat bereproduksi jika berada dalam sel hidup atau jaringan hidup.
e. Virus dapat dikristalkan layaknya benda mati.

Virus tersusun dari asam nukleat, yaitu asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang dibungkus oleh selubung protein yang disebut kapsid. Bentuk virus bermacam-macam, ada yang berbentuk batang, bola atau bulat, berbentuk peluru, dan beberapa berbentuk huruf T seperti pada virus bakteriofage.
Disebut bakteriofage karena virus ini menyerang bakteri. Tubuh virus bakteriofage terdiri atas kapsid, kepala, isi, dan ekor.

Virus dapat diklasifikasi menurut morfologi, tropisme dan cara penyebaran, dan genomik fungsional.Klasifikasi virus berdasarkan morfologi. Berdasarkan morfologi, virus dibagi berdasarkan jenis asam nukleat dan juga protein membran terluarnya (envelope) menjadi 4 kelompok, yaitu :
  • Virus DNA
  • Virus RNA
  • Virus berselubung
  • Virus non-selubung
Klasifikasi virus berdasarkan tropisme dan cara penyebaran. Berdasarkan tropisme dan cara penyebaran, virus dibagi menjadi :
  • Virus Enterik
  • Virus Respirasi
  • Arbovirus
  • Virus onkogenik
  • Hepatitis virus
Klasifikasi virus berdasarkan genomik fungsional. Virus di klasifikan menjadi 7 kelompok berdasarkan alur fungsi genomnya. Klasifikasi ini disebut juga klasifikasi Baltimore yaitu:
  • Virus Tipe I = DNA Utas Ganda
  • Virus Tipe II = DNA Utas Tunggal
  • Virus Tipe III = RNA Utas Ganda
  • Virus Tipe IV = RNA Utas Tunggal (+)
  • Virus Tipe V = RNA Utas Tunggal (-)
  • Virus Tipe VI = RNA Utas Tunggal (+) dengan DNA perantara
  • Virus Tipe VII = DNA Utas Ganda dengan RNA perantara

Penelitian mengenai virus dimulai dengan penelitian mengenai penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau dan membuat daun tanaman tersebut memiliki bercak-bercak. Pada tahun 1883, Adolf Mayer, seorang ilmuwan Jerman, menemukan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil dari biasanya dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop. Pada tahun 1897 setelah Martinus Beijerinck dari Belanda menemukan bahwa agen infeksi di dalam getah yang sudah disaring tersebut dapat bereproduksi karena kemampuannya menimbulkan penyakit tidak berkurang setelah beberapa kali ditransfer antartanaman. Patogen mosaik tembakau disimpulkan sebagai bukan bakteri, melainkan merupakancontagium vivum fluidum, yaitu sejenis cairan hidup pembawa penyakit.
Apakah anda bias menjelaskan jika kita di tanya secara mendetail tentang virus Seperti apakah struktur Tubuh Virus yang sesungguhnya, tentu saja kita sebagaian besar yang kurang mengenal atau bahkan belum pernah melihat secara langsung tubuh virus ini, maka kita akan sedikit kebingungan. maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi kepada teman-teman semuanya tentang Struktur Tubuh Virus yang mudah-mudahan saja akan mencerahkan sobat semuanya tentang pembahasan Tubuh Virus dan apa itu Virus yang sesungguhnya. Tidak lengkap juga jika kita tidak membahas Fungsi dari setiap bagian yang ada pada Virus, Nah marilah kita sekarang menyimak langsung penjelasnya di bawah ini.

1. Kepala
Pada Bagian Kepada Virus  berisi DNA, RNA, dan diselubungi oleh kapsid. Kapsid tersusun oleh satu unit protein yang disebut kapsomer.
2. Isi Tubuh
Mungkin ada sobat yang bertanya tentang apa sih isi Tubuh Virus, Isi tubuh virus sering disebut virion, yang terdiri dari asam nukleat (DNA atau RNA). Virus hanya memiliki salah satu tipe asam nukleat. Terdapat beberapa jenis virus berdasarkan isi tubuhnya, antara lain:
  • Virus yang isi tubuhnya RNA dan bentuknya menyerupai kubus antara lain, polyomyelitis, virus radang mulut dan kuku, dan virus influenza.
  • Virus yang isi tubuhnya RNA, protein, lipida, dan polisakarida, contohnya paramixovirus.
  • Virus yang isi tubuhnya terdiri atas RNA, protein, dan banyak lipida, contohnya virus cacar.
3. Ekor
Serabut ekor merupakan bagian yang berupa jarum dan berfungsi untuk menempelkan tubuh virus pada sel inang. Ekor ini melekat pada kepala kapsid. Ekor virus terdiri atas tabung bersumbat yang dilengkapi benang atau serabut. Khusus untuk virus yang menginfeksi sel eukariotik tidak memiliki ekor.
Tiga bagian diatas adalah tiga struktur utama virus. Berikut adalah tiga tambahan struktur tubuh virus.
4. Kapsid
Kapsid merupakan lapisan pembungkus DNA atau RNA yang ada pada tubuh virus. Kapsid terdiri dari rangkaian kapsomer. Bentuk kapsid bervariasi dan tergantung pada tipe virusnya. Fungsi kapsid adalah untuk memberi bentuk virus dan melindungi virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus.

5. Kapsomer

Kapsomer merupakan bagian tubuh virus yang di dalamnya ada sedikit protein dan saling terangkai membentuk kapsid.

6. Sel Pembungkus

Sel pembungkus merupakan pelindung yang tersusun dari lipoprotein yang merupakan membran plasma dan berfungsi untuk melapisi DNA atau RNA.
Nah Demikian artikel tentang Struktur Tubuh Virus ini, saya berharap artikel kali ini bisa membantu sobat semuanya dalam mengerjakan Tugas yang di berikan bapak atau Ibu Guru, atau buat sobat juga yang sedang mencari Referensi dalam membuat Makalah tentang Struktur Tubuh Virus.
Selain itu sobat juga bisa membaca artikel Biologi lainnya yang telah saya sajikan sebelumnya di website genggaminternet.com ini yakni kita telah membahas mengenai Reproduksi (Baca : Sistem Reproduksi Pada Manusia) dan Juga tentang sel ( Baca : Pengertian dan Fungsi Sel ). Semoga bermanfaat ya sobat, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com