Saturday 12 December 2015

jurnal model discovery learning

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI KELAS X PEMINATAN SMA NEGERI 4 PALANGKARAYA

MEITANI PAUZIAH

ABSTRAK
Meitani Pauziah, 2015: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Di Kelas X Peminatan Sma Negeri 4 Palangka Raya. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangakaraya. Pembimbing (1) Drs. Nuriman Wijaya, M.Pd., (2) Dra. Sri Puryaningsih, M.Pd.

            Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X peminatan Biologi di SMAN 4 Palangka Raya yang masih rendah, karena proses belajar mengajar yang menoton hanya menggunakan model konvensional. Peneliti menggunakan model discovery learning karena model ini dapat membimbing siswa untuk menemukan jawaban akhir berdasarkan hasil penemuannya sendiri, melalui pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa.

            Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X peminatan Biologi I dan kelas X peminatan Biologi 2 di SMA Negeri 4 Palangka Raya yang berjumlah total 70 orang siswa. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling yang dipilih dari populasi 4 kelas X peminatan Biologi yang homogen. Data hasil penelitian di analisis secara kuantitatif dan kualitatif sebelum membuat kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model Discovery Learning dapat membuat siswa lebih aktif dan terampil selama proses pembelajaran berlangsung, (2) ada pengaruh yang signifikan model Dicovery Learning terhadap hasil  belajar (thitung > ttabel yaitu 14,3 > 1,67), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara siswa yang mengikuti model Discovery Learning dan konvensional, dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada meteri dunia tumbuahan di kelas X peminatan SMA Negeri 4 Palangka Raya. Implikasi pada penelitian ini menunjukan bahwa model Discovery Learning dapat digunakan untuk model pembelajaran selanjutnya dengan saran guru dapat memodifikasi LKS agar dibuat lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa.


Kata Kunci: Model Discovery Learning, hasil belajar, keterampilan proses sains.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com