PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DENGAN MEDIA ASLI MELALUI MODEL DI PADA MATERI JAMUR KELAS VII SMPN 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2013/2014
Devi Lestari
ABSTRAK
Devi Lestari, 2014: Perbandingan hasil Belajar Biologi Siswa
Menggunakan Media Powerpoint Dengan Media Asli Melalui Model DI Pada Materi Jamur Kelas VII SMPN 3
Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr.
Supramono, M.Pd (2) Drs. Agus Sadono, M.Pd.
Hasil wawancara dengan guru bidang studi
biologi di SMPN3 Palangka Raya diperoleh Informasi, proses pembelajaran biologi
khususnya materi jamur, ditemukan beberapa masalah, pada saat mengajar guru
hanya member informasi tidak menggunakan media dengan baik, siswa masih kurang
minat belajar sehingga tidak konsentrasi dalam proses pemebelajaran, siswa
sulit memahami materi jamur, dan hasil belajar siswa masih ada yang belum
memenuhi nilai ketuntasan. Tujuan penilaian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan media powerpoint dengan media
asli melalui model DI pada materi jamur kelas VII SMPN 3 Palangka Raya ajaran
2013/2014.
Jenis
penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Rancangan penelitian adalah
pretest-posttest-control group design. Penelitian menggunakan media powerpoint
dengan media asli yang dilaksanakan dengan melibatkan 32 siswa kelas VII-1
(kelompok media powerpoint) dan 31 siswa kelas VII-2 (kelompok media asli) SMPN
3 Palanga Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest. Ter
terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Data hasil belajar siswa di analisis
menggunakan perhitunganstatistik uji-t.
Hasil
dari penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata
pretest siswa kelas VII-1 adalah 74,21 dan pada siswa kelas VII-2 adalah
63,22.berdasarkan hasil perhitungan analisis statistic uji-t dengan taraf
signifikasi 5% di peroleh thitung (3,350) > ttabel
(2,000). Hal inimenunjukan terdapat perbedaan signifikasi hasil belajar biologi
siswa menggunakan media powerpoint dengan media asli melalui model DI pada
materi jamur kelas VII SMPN 3 Palangka Raya. Dengan demikian penggunaan media
powerpoint unggul dibandingkan media asli pada materi jamur.
Kata Kunci: Media Powerpoint, Media
Asli, Materi Jamur, Hasil Belajar.
0 komentar:
Post a Comment