PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL
BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI KELAS
X PEMINATAN SMA NEGERI 4 PALANGKARAYA
MEITANI PAUZIAH
ABSTRAK
Meitani Pauziah, 2015: Pengaruh
Model Discovery Learning Terhadap
Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Di
Kelas X Peminatan Sma Negeri 4 Palangka Raya. Program Studi Pendidikan Biologi,
Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangakaraya. Pembimbing (1) Drs.
Nuriman Wijaya, M.Pd., (2) Dra. Sri Puryaningsih, M.Pd.
Latar
belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X peminatan
Biologi di SMAN 4 Palangka Raya yang masih rendah, karena proses belajar
mengajar yang menoton hanya menggunakan model konvensional. Peneliti
menggunakan model discovery learning
karena model ini dapat membimbing siswa untuk menemukan jawaban akhir
berdasarkan hasil penemuannya sendiri, melalui pengamatan yang dilakukan selama
proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran
discovery learning. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil
belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan
proses sains siswa.
Penelitian
ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas X peminatan Biologi I dan kelas X peminatan Biologi 2 di SMA Negeri
4 Palangka Raya yang berjumlah total 70 orang siswa. Pengambilan kelas
penelitian berdasarkan teknik random
sampling yang dipilih dari populasi 4 kelas X peminatan Biologi yang
homogen. Data hasil penelitian di analisis secara kuantitatif dan kualitatif
sebelum membuat kesimpulan.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa: (1) model Discovery
Learning dapat membuat siswa lebih aktif dan terampil selama proses
pembelajaran berlangsung, (2) ada pengaruh yang signifikan model Dicovery Learning terhadap hasil belajar (thitung > ttabel yaitu
14,3 > 1,67), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang
signifikan antara siswa yang mengikuti model Discovery Learning dan konvensional, dilihat selama proses
pembelajaran berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat
pengaruh model Discovery Learning
terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada meteri dunia
tumbuahan di kelas X peminatan SMA Negeri 4 Palangka Raya. Implikasi pada
penelitian ini menunjukan bahwa model Discovery
Learning dapat digunakan untuk model pembelajaran selanjutnya dengan saran
guru dapat memodifikasi LKS agar dibuat lebih menyenangkan dan mudah dipahami
siswa.
Kata Kunci: Model Discovery
Learning, hasil belajar, keterampilan proses sains.
0 komentar:
Post a Comment