PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK MAKHLUK HIDUP DI SMP GARING TERANTANG TUMBANG MANGGU TAHUN AJARAN 2014/2015
Apri Harianto
ABSTRAK
Apri Harianto, 2015: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Gerak MakHluk Hidup di SMP Garing Terantang Tumbang Manggu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi PEndidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangkaraya, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (2) Titin Purnaningsih, S.Si., M.Si.
Hasil belajar siswa di SMP Garing Tarantang Untuk mata pelajaran Biologi pada materi gerak makhluk hidup pada beberapa siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Individual yang diterapkan di sekolah. Siswa kurang Aktif dan Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat siswa merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Menerapkan model pembelajaran GI dalam rencana kegiatan pembelajaran salah satu upaya tercipta proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Center) dan siswa aktif bekerja sama dalam suatu kelompok untuk mencari informasi atau materi yang dipelajari dari buku, lingkungan sekitar maupun internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap sikap (afektif) dan hasil belajar siswa di SMP Garing Tarantang Tumbang Manggu Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu pada kelas perlakuan dan kelas kontrol. Kelas perlakuan adalah kelas sampel yang dibelajarkan dengan menggunakan model group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa sedangkan kelas kontrol adalah kelas sampel yang digunakan sebagai pembanding yaitu yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk pilihan ganda (PG) berjumlah 24 soal dan lembar observasi afektif (sikap) siswa.
Hasil observasi sikap (afektif) kelas VIIIa dengan rata-rata 65,17 lebih tinggi dibandingkan kelas VIIIb dengan rata-rata 62,94. hasil posttest kelas VIIIa menunjukan peningkatan yang signifikan dengan rata-rata 74,48 dibandingkan kelas VIIIb dengan rata-rata 63,57. Kelas yang dibelajarkan dengan model GI pada materi gerak makhluk hidup berpengaruh terhadap hasil belajar dan sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Group Investigation, Gerak makhluk hidup, Hasil belajar siswa.
Silahkan Coment untuk Kritik dan Saran serta Pertanyaan. Terimaksih.
0 komentar:
Post a Comment