PENGARUH PEMEBLAJARAN
DENGAN PETA KONSEP YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP ISEN MULANG PALANGKA RAYA
ABSTRAK
Mardiojoyo, 2014: Pengaruh Pembelajaran Dengan Peta Konsep Yang Dikombinasi
Dengan Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas
VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi,
FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. Yula Miranda, M.Pd (2)
Drs. Agus Haryono, M.Pd.
Pembelajaran
yang dikatakan berhasil atau tidak dapat dilihat dari hasil belajar setelah
menerima pengalaman belajar. Diketahui hasil belajar siswa di kelas VIII SMP
Isen Mulang Palangaka Raya masih rendah dan belum mencapai KKM khususnya pada
materi gerak tumbuhan, dikarenakan masih lemahnya kemampuan siswa untuk
menghubungkankonsep yang satu dengan konsep yang lain serta adanya miskonsepsi
pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran dengan peta konsep yang dikombinasikan dengan gambar terhadap
hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan di SMP.
Penelitian
ini melihatkan 32 orang siswa kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya yang
diambil sampel secara total dari kelas VIIIa dan VIIIb dengan jumlah siswa pada
masing-masing kelas adalah 16 orang. Data dijaring denan tes berupa soal
objektif berjumlah 30 soal, serta di analisis menggunakan uji-t dan
dinormalitaskan dengan N-Gain.
Hasil
penelitian diperoleh thitung sebesar 3,540 dan ttabel sebesar
1,697 yakni thitung > ttabel, berate Ha diterima dan
Ho ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti peta konsep yang
dikombinasikan dengan gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Adanya pengaruh hasil belajar ini disebabkan siswa diberi kesempatan membuat
peta konsep tentang materi gerak tumbuhan sehingga mampu menghubungkan konsep
awal yang dimiliki oleh siswa dengan konsep yang baru serta mengaitkan antar proposisi-proposisi
yang bermakna. Selanjutnya, hasil N-Gain kelompok eksperimen diperoleh 0,54
lebih tinggi dibandingkan N-Gain kelompok control yang diperoleh 0,37. Karena
itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan peta konsep yang
dikombinasi dengan gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
materi gerak tumbuhan di SMP.
Kata Kunci : Peta Konsep, Media Gambar, Hasil Belajar, Gerak Pada Tumbuhan
Coment untuk Krtik dan Saran serta Pertanyaan. Terimakasih
0 komentar:
Post a Comment