Monday, 30 November 2015

Jurnal Pengaruh Pembelajaran dengan Peta Konsep

PENGARUH PEMEBLAJARAN DENGAN PETA KONSEP YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP ISEN MULANG PALANGKA RAYA

Mardiojoyo

ABSTRAK

Mardiojoyo, 2014: Pengaruh Pembelajaran Dengan Peta Konsep Yang Dikombinasi Dengan Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. Yula Miranda, M.Pd (2) Drs. Agus Haryono, M.Pd.

                Pembelajaran yang dikatakan berhasil atau tidak dapat dilihat dari hasil belajar setelah menerima pengalaman belajar. Diketahui hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Isen Mulang Palangaka Raya masih rendah dan belum mencapai KKM khususnya pada materi gerak tumbuhan, dikarenakan masih lemahnya kemampuan siswa untuk menghubungkankonsep yang satu dengan konsep yang lain serta adanya miskonsepsi pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan peta konsep yang dikombinasikan dengan gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan di SMP.

                Penelitian ini melihatkan 32 orang siswa kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya yang diambil sampel secara total dari kelas VIIIa dan VIIIb dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 16 orang. Data dijaring denan tes berupa soal objektif berjumlah 30 soal, serta di analisis menggunakan uji-t dan dinormalitaskan dengan N-Gain.

                Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 3,540 dan ttabel sebesar 1,697 yakni thitung > ttabel, berate Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti peta konsep yang dikombinasikan dengan gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adanya pengaruh hasil belajar ini disebabkan siswa diberi kesempatan membuat peta konsep tentang materi gerak tumbuhan sehingga mampu menghubungkan konsep awal yang dimiliki oleh siswa dengan konsep yang baru serta mengaitkan antar proposisi-proposisi yang bermakna. Selanjutnya, hasil N-Gain kelompok eksperimen diperoleh 0,54 lebih tinggi dibandingkan N-Gain kelompok control yang diperoleh 0,37. Karena itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan peta konsep yang dikombinasi dengan gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan di SMP.

Kata Kunci : Peta Konsep, Media Gambar, Hasil Belajar, Gerak Pada Tumbuhan









Coment untuk Krtik dan Saran serta Pertanyaan. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com