Friday, 27 November 2015

Jurnal Pengembangan Media Ajar Interaktif

PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MONERA KELAS X SMA NEGERI 3 PALANGKARAYA TAHUN AJARAN 2013/2014

Julian Tambunan

ABSTRAK

Tambunan, Julian. 2015, Pengembangan Media Ajar Interaktif Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Monera Kelas X SMA Negeri # Palangkaraya Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangkaraya. Pembimbing: (1) Dr. Supramono, M.Pd., (2) Drs. Akhmadi, M.Si.

     Berdasarkan hasil observasi pada SMA Negeri 3 Palangkaraya, peneliti menemukan masih kurang maksimalnya penggunaan media ajar khususnya pada mata pelajaran biologi. Adapun penggunaan media yang sudah ada belum mampu menciptakan suasana belajar menuju ke arah kemandirian dan berpikir kritis, sehingga keterbatasan penggunaan media berbasis komputer seperti ini perlu diperbaiki sedikit demi sedikit. Diharapkan siswa tidak hanya tinggi kulitas teoritisnya, tetapi juga tinggi kualitas kemandirian dan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar interaktif berbasis komputer materi monera, mengetahui hasil penilaian angket validasi oleh validator, mengetahui kemandirian siswa dalam pembelajaran, mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa, mengetahui pengaruh pengguanaan media ajar interaktif terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa setelah pembelajaran menggunakan media ajar interaktif berbasis komputer materi monera yang telah dikembangkan.

   Model pengembangan yang digunakan peneliti untuk mengembangkan media ajar interaktif berbasis koputer materi monera adalah menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap atay fase yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluasi. Uji coba dilakukan pada kelas X2 sebagai kelas uji coba skala kecil. Uji coba skala besar dilakukan pada  kelas X3 sebagai kelas implementasi dan sekala besar X4 sebagai kelas kontrol. Data hasilpenelitian pengembangan ini berupa hasil angket validasi dari uji ahli media, uji ahli bahasa, uji ahli materi. Tidak hanya itu, data juga didapat dari angket kemandirian, data hasil belajar, angket respon siswa, dan angket penilaian dari guru.

     Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media ajar interaktif berbasis komputer yang layak diterapkan dalam pembelajaran menurut penilaian 3 orang dosen ahli dan 1 orang guru biologi. Tingkat kemandirian siswa dalam menggunakan media ajar dalam pembelajaran sanagat posiitif.Berdasarkan perhitungan N-Gain, hasil belajar siswa pada kelas Implemetasi tergolong tinggi yaitu dengan rata-rata 0,77. Hasil belajar siswa pada kelas kontol yaitu 0,67 yang tergolong sedang. Perhitungan uji-t diperoleh nilai Fhitung (2,33) > Ftabel (2,00) artinya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa menggunakan media ajar interaktif berbasis komputer dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media ajar yang belum dikembangkan.

Kata Kunci: Pengebangan, Media Ajar, Kemandirian, Berpikir Kritis.







Silahkan Coment untuk Kritik dan Saran serta Pertanyaan. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com