Friday, 27 November 2015

Jurnal Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KELOMPOK TUMBUH-TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

Krissusiana

ABSTRAK

Krissusiana, 2015: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Kelompok Tumbuh-Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (2) Drs. Akhmadi, M.Si.
            Lembar kerja siswa merupakan pedoman yang berisi informasi dan petunujuk belajar agar terjadi interaksi antara siswa dan guru sehingga dapat mengerjakan suatu aktivitas dalam proses pembelajaran. LKS berperan untuk membantu memudahkan siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Kurikulum 2013 telah mengisyaratkan penggunaan metode ilmiah dalam aktivitas belajar. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan produk LKS berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VII.
            Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pendidikan dan pengembangan atau research & development (R & D) dengan model ADDIE. Subjek data dalam penelitian pengembangan adalah ahli, guru, dan siswa. Data yang dianalisis adalah data proses pengembangan produk, data kualitas produk pengembangan dengan kriteria penilaian ideal kualitas LKS, dan data uji coba lapangan dengan menggunakan gain ternormalisasi (<g>) dan uji t.
Pengembangan produk dilakukan melalui tahap Analysis, Design, Development or Production, Implementation  & Evaluations. Skor kualitas materi sebesar 134 dengan kategori baik (B), skor penilaian kualitas oleh ahli, kualitas media sebesar 66 dengan kategori sangat baik (SB), dan skor kualitas bahasa sebesar 38 dengan kategori sangat baik (SB). Persentase keidealan materi sebesar 78,82 % dengan kategori layak digunakan, persentase keidealan media sebesar 82,5 % dengan kategori layak digunakan, dan persentase keidealan bahasa sebesar 84,44 % dengan kategori layak digunakan. Skor kualitas LKS berbasis inkuiri  berdasarkan penilaian ahli berada pada kualitas sangat baik (SB) dan layak digunakan. Skor kualitas penilaian guru pada kualitas materi sebesar 145 dengan kategori sangat baik (SB), kualitas media sebesar 69 dengan kategori sangat baik (SB) kualitas bahasa 38 dengan kategori sangan baik (SB). Nilai rata-rata gain ternormalisasi (<g>) hasil belajar siswa pada kelas uji skala kecil sebesar 0,711 dan kelas uji coba skala besar sebesar 0,710. Penerapan LKS berbasis inkuiri memberikan pengaruh yang sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dengan thitung < ttabel (0,17<1,65) dengan taraf signifikansi 5 %. LKS berbasis Inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada dua tahap uji coba yang berbeda.

Kata Kunci: lembar kerja siswa, LKS Inkuiri, Hasil Belajar.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com