PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KELOMPOK TUMBUH-TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII
Krissusiana
ABSTRAK
Krissusiana,
2015: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Kelompok Tumbuh-Tumbuhan
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya,
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (2) Drs. Akhmadi, M.Si.
Lembar
kerja siswa merupakan pedoman yang berisi informasi dan petunujuk belajar agar
terjadi interaksi antara siswa dan guru sehingga dapat mengerjakan suatu
aktivitas dalam proses pembelajaran. LKS berperan untuk membantu memudahkan
siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan
kurikulum yang berlaku. Kurikulum 2013 telah mengisyaratkan penggunaan metode
ilmiah dalam aktivitas belajar. Penelitian pengembangan bertujuan untuk
mengembangkan produk LKS berbasis inkuiri
untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VII.
Metode
yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pendidikan dan
pengembangan atau research &
development (R & D) dengan model ADDIE. Subjek data dalam penelitian pengembangan adalah ahli, guru, dan siswa. Data
yang dianalisis adalah data proses pengembangan produk, data kualitas produk
pengembangan dengan kriteria
penilaian ideal kualitas LKS, dan data uji
coba lapangan dengan
menggunakan gain ternormalisasi (<g>) dan uji t.
Pengembangan
produk dilakukan melalui tahap Analysis,
Design, Development or Production, Implementation & Evaluations. Skor kualitas materi
sebesar 134 dengan kategori baik (B), skor penilaian kualitas oleh ahli,
kualitas media sebesar 66 dengan kategori sangat baik (SB), dan skor kualitas
bahasa sebesar 38 dengan kategori sangat baik (SB). Persentase keidealan materi
sebesar 78,82 % dengan kategori layak digunakan, persentase keidealan media
sebesar 82,5 % dengan kategori layak digunakan, dan persentase keidealan bahasa
sebesar 84,44 % dengan kategori layak digunakan. Skor kualitas LKS berbasis inkuiri berdasarkan penilaian ahli berada pada
kualitas sangat baik (SB) dan layak digunakan. Skor kualitas penilaian guru
pada kualitas materi sebesar 145 dengan kategori sangat baik (SB), kualitas
media sebesar 69 dengan kategori sangat baik (SB) kualitas bahasa 38 dengan
kategori sangan baik (SB). Nilai rata-rata gain ternormalisasi (<g>) hasil
belajar siswa pada kelas uji skala kecil sebesar 0,711 dan kelas uji coba skala
besar sebesar 0,710. Penerapan LKS berbasis inkuiri
memberikan pengaruh yang sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa uji coba
skala kecil dan uji coba skala besar dengan thitung < ttabel
(0,17<1,65) dengan taraf signifikansi 5 %. LKS berbasis Inkuiri
efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada dua tahap uji coba yang
berbeda.
0 komentar:
Post a Comment